Saturday, April 26, 2014

Rangkuman SPSS


1.      SPSS (Statistical Product and Service Solution) merupakan program aplikasi yang populer yang dapat digunakan dalam analisa data. Hal ini memudahkan user untuk melakukan perhitungan data. Data yang dahulunya hanya bisa dikerjakan secara manual dengan menggunakan rumusan tertentu kini, dengan hanya sekali klik maka interpretasi data analisa sudah muncul.

 

2. Langkah-langkah analisis Data:
a.       Kliklah analyze pada menu SPSS, lalu klik descriptive statistiscs, lalu klik frequencies
b.      Kemudian akan muncul tampilan frequencies dan dalam kotak sebelah kiri akan ada variabel prestasi belajar dan usia siswa. Silahkan diblok dan pindahkan ke kotak variabel (s), sehingga tulisan OK menjadi terang.
c.       Silahkan klik kotak statistics, sehingga akan keluar tampilan frequencies statistics. Silahkan klik central tendency dan dispersion
d.      Charts : adalah menu untuk menampilkan data dalam bentuk diagram, ada 3 pilihan yaitu Bar, Pie (untuk data ordinal atau nominal) dan histogram (interval dan ratio). Khusus histogram dapat ditampilkan kurva normalnya, lalu kliknya continue.
e.       Format digunakan untuk susunan urutan data, dari skor besar ke urut skor yang kecil atau sebaliknya. Klik format, sehingga akan muncul frequencies format. Pada menu order by ada pilihan Ascending untuk perintah dalam penyajian data diurutkan dari skor terendah ke skor yang paling tinggi. Sementara descending sebaliknya. Pilih saja ascending values, lalu klik continue untuk kembali ke kotak menu awal.
f.       Setelah itu kliklah ok untuk proses analisisnya. Tunggu sampai keluar output program SPSS.

 


3. Value dan Labels

Kolom ini berfungsi untuk medefinisikan value data dari variabel yang dimaksud. Pemberian value ini biasanya untuk data yang bersifat ordinal dan interval. Klik ikon pada kolom value maka akan muncul kotak dialog value labels. Misalnya pada variabel gender kita akan mendefinisikan jenis kelamin dengan melakukan pemberian label. Yang perlu kita lakukan adalah mengisi [Value] dan [Value label] lalu klik [Add]. Lakukan ini untuk semua value kemudian klik [OK] . Setelah pemberian value ini maka pada variabel gender kita tidak perlu menuliskan pria dan wanita melainkan cukup mengisi 1 untuk jenis kelamin “Pria” dan 2 untuk jenis kelamin “Wanita”.


No comments:

Post a Comment